April 23, 2024
emgi UP45, dialog tanya jawab migas, migas indonesia, buku dialog tanya jawab migas karya Dr. A. Rinto P.

Energy Management and Governance Institute Universitas Proklamasi 45 (EMGI) pada Rabu, 31 Agustus 2016 melakukan kegiatan bedah buku Dialog Tanya Jawab Migas. Buku Dialog Tanya Jawab Migas karya Dr. A. Rinto P. ini dikupas oleh Febriyanti Angelia Ginting, S.Pd., M.Sc. dan Amin Nurohmah , S.Pd., M.Sc. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta mempublikasikan diri sebagai ikon calon dosen muda energi dari Universitas Proklamasi 45. Hal ini sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki oleh Universitas Proklamasi 45. Kegiatan bedah buku ini dilaksanakan secara rutin 2 kali dalam sebulan.

Migas bukanlah hal yang baru, tetapi banyak kalangan mahasiswa dan masyarakat yang belum memahaminya dan seringkali salah paham. Ketika mendengar kata migas, banyak mahasiswa non teknik yang menolak untuk membahasnya karena yang terbayang dalam pikiran adalah perhitungan panjang pipa gas, unsur-unsur kimia pembentuknya dan sebagainya. Padahal ketika berbicara tentang migas, orang-orang non teknik memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan dengan orang-orang teknik.

Buku Dialog Tanya Jawab Migas menceritakan bagaimana migas terbentuk, seberapa besar potensi dan cadangan migas di Indonesia, pengelolaannya baik itu eksplorasi dan eksploitasi, wilayah kerja  (WK) migas dan pembagiannya. Selain itu konsep bagi hasil antara pemerintah dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Migas, pengembangan dan dampaknya di Indonesia, pajak migas, hukum yang dipakai untuk melindungi sumberdaya migas dan kesejahteraan masyarakat disekitar industri migas serta resiko yang ditanggung pemerintah dan KKKS pun turut dikupas secara tuntas. Buku ini juga menjawab ketakutan-ketakutan masyarakat akan isu habisnya minyak di Indonesia. (FAG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *