April 24, 2024
Siklus Krisis Di Sekitar Energi

EMGI UP45 mengadakan kegiatan bedah buku pada tanggal 25 Oktober 2016. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap 2 kali dalam sebulan.  Buku yang dibedah adalah Siklus Krisis di Sekitar Energi. Buku ini dibedah oleh Faizal Aco, M.IP, dosen ilmu pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik universitas proklamasi 45.

Kemudian, pada pemaparan tersebut, pembedah memaparkan sosok penulis buku ini yang merupakan mantan pegawai Pertamina dan memutar video yang menceritakan perkembangan migas di Pangkalan Brandan yang merupakan tempat awal Ibrahim Hasyim ditugaskan. Pangkalan Brandan pernah memasuki era keemasan di dunia migas dan merupakan salah satu lokasi migas terbesar pada tahun 70an hingga akhirnya ditutup pada tahun 2008 karena sudah tidak memiliki cadangan #migas.

“Ada beberapa hal yang menjadi alasan terhadap kenaikan BBM yaitu alasan ekonomi dan sosial politik bagi Negara berkembang. Berbeda halnya dengan Negara maju, pertimbangan mereka adalah ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup”, kata Faizal Aco, M.IP sebagai pembedah buku tersebut. Krisis harga minyak dan subsidi yang pertama dan kedua berlangsung pada tahun 1973-1979. Buku ini membahas krisis global energi tetapi memfokuskan dampaknya kepada Indonesia yang kerap kali mengalami kenaikan harga BBM sejak bergabung ke dalam OPEC maupun ketika keluar dari OPEC, ungkapnya. (FAG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *