Teknik Mesin
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Teknik Mesin Menghadiri Rapat Kerja BKSTM di UII

  29 April 2019

Bagikan postingan ini

Badan Kerjasama Teknik Mesin Indonesia (BKS-TM) mengadakan Rapat Kerja (Raker) di Universitas Islam Indonesia (UII) pada tanggal 25 – 26 April 2019. Raker BKSTM ini dihadiri oleh seluruh anggota BKSTM se-Indonesia berjumlah sekitar 200 peserta. Termasuk dari Universitas Proklamasi 45, diwakili oleh Kaprodi Teknik Mesin, Hb. Sukarja, S.T., M.Eng. dan dosen Fakultas Teknik, Enda Apriani, S.T., M.Eng.

Program Studi Teknik Mesin Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan rapat kerja BKSTM kali ini. Dalam Raker ini, beberapa agenda dilaksanakan, diantaranya laporan kegiatan Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin 2018, pelaksanaan Musyawarah Anggota BKS-TM dan SNTTM 2018. Pada acara hari pertama ini juga dilaksanakan serah terima jabatan antara ketua BKSTM dari Kadep TM Undana ke Kaprodi TM Trisakti. Raker ini juga membahas rencana kegiatan SNTTM 2019 dan Lomba Nasional Tahun Rancang Bangun Mesin 2019 di Universitas Trisakti, Jakarta. Lalu di sore hari peserta diajak untuk mengunjungi laboratorium prodi Teknik Mesin UII, candi dan museum yang berada di lingkungan kompleks UII.

Di hari kedua, beberapa agenda juga dilaksanakan, antara lain membahas kurikulum teknik mesin BKSTM, akreditasi 4.0, laporan keuangan BKSTM dan kemajuan sistem informasi BKSTM. Selain itu, dilaksanakannya juga workshop penulisan ilmiah oleh Prof. M. Noer Ilman. Pada sesi terakhir, BKSTM melaksanakan usulan program kerja BKSTM, magang, tugas akhir dan penyusunan notulensi Raker 2019.

Diharapkan dari penyelenggaraan Raker BKSTM kedepannya lebih baik lagi, terutama dari materi pengembangan kurikulum berbasis KKNI sehingga bisa meningkatkan kelulusan mahasiswa dari prodi Teknik Mesin se-Indonesia.