Teknik Mesin
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi:

"Menjadi pusat unggulan pengembangan iptek dan tenaga ahli dalam bidang teknik mesin untuk menunjang pengembangan industri energi, khususnya industri perminyakan dan gas bumi dengan semangat kejuangan Angkatan 45 pada tahun 2022”

Misi:

  1. Menyiapkan tempat pembelajaran bagi mahasiswa dan masyarakat profesional untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pengelasan dan inspeksi untuk mendukung industri energi, khususnya minyak dan gas bumi;
  2. Mengembangkan sarana, kurikulum, sistem pembelajaran dan informasi untuk memenuhi kebutuhan proses pembelajaran yang optimal di bidang energi, khususnya minyak dan gas bumi;
  3. Melaksanakan Pendidikan Tinggi Teknik Mesin yang menghasilkan Sarjana Teknik Mesin yang ahli dalam memecahkan masalah di bidang Teknik Permesinan untuk memenuhi kebutuhan dunia perminyakan dan gas bumi Indonesia serta energi untuk mendukung pembangunan daerah yang berorientasi pada kepentingan masyarakat.
  4. Melaksanakan Program Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat di bidang Permesinan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat dan menunjang perkembangan dunia perminyakan, gas bumi Indonesia dan energi.
  5. Mengembangkan kerja sama program studi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang teknik mesin yang menunjang perkembangan dunia perminyakan, gas bumi Indonesia dan energi

Tujuan:

  1. Menghasilkan sarjana teknik mesin yang mampu merancang, membuat, dan mengatasi permasalahan di bidang teknik mesin khususnya pengelasan dan inspeksi untuk mendukung industri energi dan migas.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik mesin, khususnya keahlian pengelasan dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat melalui pelatihan, sertifikasi, pendampingan dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Memberikan kontribusi yang relevan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung industri energi, khususnya minyak dan gas bumi dalam rangka agar dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.
  4. Memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tidak mampu untuk memperoleh pendidikan sarjana yang terjangkau melalui program beasiswa dari universitas maupun dari pihak eksternal